Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2016

Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan, Setelah melaksanakan Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2016 yang dimulai sejak tanggal 22 s.d. 26 /Agustus 2016 yang bertempat di Hotel Madani Medan, Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan melaksanakan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pada tanggal 27 Agustus 2016, dengan peserta sebanyak 89 orang yang terdiri dari 79 orang peserta Diklat, 10 orang peserta lainnya hanya mengikuti ujian saja karena telah mengikuti Diklat Pengadaan Barang/Jasa tingkat dasar pada tahun sebelumnya namun belum memperoleh sertifikat dari Lembaga kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), peserta berasal dari Dinas Kesehatan dan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Sistem pelaksanaan ujian yang dilaksanakan tahun ini oleh Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan LKPP berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya sistem pelaksanaan ujian dilaksanakan tanpa menggunakan komputer atau masih manual dengan menggunakan kertas. Tahun 2016 untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Medan menyelengarakan Ujian Sertifikasi keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar dengan menggunakan sistem ujian berbasis komputer. Sistem ini merupakan inovasi baru dalam pelaksanaan ujian yang dilaksanakan oleh LKPP.

Sebelum pelaksanaan ujian dimulai, Petugas/Pengawas Ujian Sertifikasi Keahlian Barang/Jasa Pemerintah dari LKPP, Muhammad Sukron Arif dan Dede Muhajirin memberikan arahan tentang syarat pelaksanaan ujian dan mensimulasikan tata cara pengisian jawaban pada komputer serta menjelaskan bahwa LKPP menetapkan standar skor kelulusan harus mencapai nilai minimal 167 atau 65% jawaban benar dari semua total soal yang diujikan sebanyak 90 soal.

Pada pelaksananaan ujian kali ini jumlah peserta yang lulus mencapai 23 orang (25,84%) dari jumlah total seluruh peserta ujian sebanyak 89 orang (1 orang mengundurkan diri karena telah memiliki sertikat dari LKPP). Peserta ujian yang lulus dengan skor tertinggi 207 adalah peserta yang berasal dari Kecamatan Medan Selayang, Mira Silvia yang diikuti oleh Drg. Irma Yani dari Dinas Kesehatan dengan skor 204, dan Dorty Ginting dari Bappeda Kota Medan dengan skor 203. Jumlah kelulusan yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya diharapkan menjadi tren positif untuk tahun-tahun selanjutnya, sehinga Pemerintah Kota Medan memiliki aparatur-aparatur yang kompeten dan benar-benar memahami proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan perpres No. 54 Tahun 2010 beserta dengan perubahannya.

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment