Penyelenggaraan Diklat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun Anggaran 2016

Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan, Dalam upaya mengimplementasikan ketentuan yang berlaku pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah, Kantor Diklat Kota Medan telah mempersiapkan aparatur melalui pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para penyaji laporan keuangan, agar pada saat penerapan basis akrual tersebut para penyaji laporan keuangan dan para pengelola keuangan sudah dapat menerapkan basis akrual dimaksud. 

Melihat latar belakang tersebut, dan dalam rangka memperdalam pengetahuan teoritis dan praktis terkait akuntansi pemerintahan dan pelpaoran keuangan berbasis akrual, maka Kantor Pendidikan dan pelatihan Kota Medan dengan difasilitasi oleh narasumber dan modul pelatihan Badan Pengembangan SumberDaya Manusia Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kembali Diklat Akuntansi dan pelaporan keuangan Berbasis Akrual kepada pengelola keuangan dan penyaji laporan keuangan ini agar mempunyai kesamaan persepsi dalam menyusun laporan keuangan baik di lingkup SKPD maupun Laporan Keuangan lingkup Pemerintah Daerah.

Diklat ini berlangsung selama 8 (delapan) hari kerja, sejak tanggal 18 s.d. 23 April 2016 bertempat di Balai PAUDNI Jln. Bunga Kenanga Raya No. 64 Pasar VI Tanjung Sari Medan. Diklat ini diikuti 80 (delapan puluh) peserta yang terdiri dari Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Bendahara Keuangan, Staf Bagian Keuangan serta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Inspektorat Kota Medan. Diklat dibuka oleh Walikota Medan yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, H. Ikhwan Habibi Daulay, SH, MH didampingi Kepala Kantor Diklat Kota Medan Fakruddin, SH.

Suka tidak suka, siap tidak siap, kita harus laksanakan sistem SAP tersebut,” ujar Asisten Pemerintahan Umum Pemko Medan, Ikhwan Habibi Daulay, membacakan kata sambutan Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin, saat membuka diklat tersebut, kemarin. Ikhwan mengatakan, diklat ini merupakan rangkaian kegiatan diklat-diklat sebelumnya dalam menyongsong penerapan SAP sesuai Amanat Peraturan Pemerintah (PP) No 71/2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 64/2013. 

Ikhwan meyakini para peserta diklat merupakan sumber daya manusia (SDM) terbaik di masing- masing SKPD yang harus ditingkatkan wawasannya, sehingga bisa lebih baik lagi kinerjanya. Ikhwan menyarankan agar peserta diklat terus berintegrasi dengan peserta Diklat sebelumnya sehingga dalam pengelolaan SAP berbasis akrual dapat dilaksanakan secara komprehensif. 

“Transformasi dari sistem akuntansi berbasis kas kepada akrual tentu sedikit banyak menuntut kita dapat mengatasi berbagai tantangan yang cukup besar, baik dari segi kesiapan, regulasi, teknis pelaksanaan, budaya maupun prosedurnya,” katanya. Kondisi tersebut tentu menuntut kesiapan SDM di lingkungan Pemko Medan. 

Setiap aparatur yang mengurusi keuangan dituntut mengerti dan memahami mekanisme sistem akuntansi dan pelaporan berbasis akrual dalam penyusunan laporan keuangan daerah. Menurut dia, apabila Pemko Medan memiliki SDM yang semakin berkualitas dan profesional, ditambah penerapan sistem teknologi informasi (IT) yang semakin andal, pemko akan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah ke arah yang semakin baik, sehingga opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah dapat dipertahankan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. 

Sementara Kepala Kantor Diklat Kota Medan, Fakhruddin, mengatakan, diklat ini bertujuan agar peserta dapat memahami dan menerapkan sistem akuntansi pemerintahan serta mampu melaksanakan tugas- tugas pelaporan keuangan berbasis akrual sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, dapat memahami gambaran umum standar akuntansi pemerintah menurut PP No 71/2010. 

“Mudah-mudahan kita semakin dapat memahami penerapan akuntansi berbasis akrual di Kota Medan, dapat memahami dan mampu melaksanakan teknis pengakuan, pengungkapan dan penyajian akuntansi dasar, serta dapat memahami pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah,” ujarnya. Dia menyebutkan, diklat ini diikuti PPK, bendahara keuangan, dan staf bagian keuangan SKPD di lingkungan Pemko Medan. Kegiatan diklat berlangsung dari pukul 08.00- 17.00 WIB.

Setelah selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami sistem akuntansi pemerintahan dan mampu emlaksanakan tugas pelaporan keuangan berbasis akrual sesuai dengan peraturan yang berlaku.

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment