Penyelenggaraan Diklat Manajemen Kontrak bagi Pejabat Pembuat Komitmen di Lingkungan Pemerintah Kota Medan TA. 2016

Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan, Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan Pejabat Pembuat Komitmen maupun pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, khususnya dalam tugas manajemen kontrak dan untuk memperdalam kemampuan teknis Pejabat Pembuat Komitmen, memperdalam pengetahuan teoritis dan praktis terkait Manajemen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Kontrak, dengan difasilitasi oleh tenaga pengajar/fasilitator dan modul pelatihan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Diklat ini berlangsung selama 5 hari kerja, sejak tanggal 28 s/d 1 April 2016 di Hotel Grand Kanaya Jl.Darussalam. Diklat ini diikuti 70 peserta dari berbagai instansi di Pemko Medan yang duduk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat yang berhubungan dengan Pelaksana tugas pembuat komitmen, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Tim/Pelaksana Adminstrasi /Teknis Kegiatan (PPTK), dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Sedangkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan IKkatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Provinsi Sumut.

Seorang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tidak hanya berfungsi untuk menandatangani kontrak saja, akan tetapi harus mampu mengendalikan pelaksanaan, jadwal, biaya maupun mutu dan hasil pekerjaan dengan baik. Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, M.Si yang diwakili Asisten Adminstrasi Umum Ikhwan Habibi Daulay, SH, M.Hum didampingi Kepala Kantor Pendidikan dan pelatihan Pemko Medan pada saat pembukaan kegiatan Pelatihan Manajemen Kontrak bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pemerintah Kota Medan, Senin (28/3) di Hotel Grand Kanaya Jl. Darussalam.  Dikatakan Eldin, tidak jarang, kita mendapati berbagai kesalahan-kesalahan pelaksanaan proyek, diakibatkan oleh lemahnya pemahaman dalam menjalankan berbagai aspek-aspek pelaksanaan proyek sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam penyusunan dan pelaksanaan kontrak. Kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman seringkali menjadi penghambat tercapainya sasaran-sasaran pembangunan yang telah ditetapkan. Padahal, seseorang Pejabat pembuat Komitmen (PPK) tidak hanya berfungsi menandatangani kontrak saja, tetapi harus mampu mengendalikan pelaksanaan, jadwal, biaya maupun mutu dan hasil pekerjaan dengan baik.

Mulai dari proses tender sampai penyusunan proyek, perencanaan pekerjaan dan pengorganisasian proyek, pelaksanaan pekerjaan dan rekayasa kontruksi, aspek hukum dalam pelaksanaan kontrak, pengendalian pelaksanaan proyek sampai dengan serah terima serta laporan akhir proyek.  Disinilah, kontrak menjadi sebuah elemen yang sangat penting dalam mengikat komiktmen sasaran-sasaran capaian pelaksanaan proyek/program kegiatan pembangunan bersangkutan.  Menurutnya, Diklat manajemen kontrak ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pengelola yang lebih mendalam kepada para pengelola proyek khususnya PPK dalam menajamkan pengetahuan akan fungsi dan berbagai ketentuan terkait kontrak dalam pelaksanaan berbagai proses pengadaan barang/jasa. Diharapkan Para Pejabat Pembuat Komitmen mampu meminimalisir, bahkan terhindar berbagai kemungkinan kesalahan penyusunan kontrak yang bisa terjadi.

Sebelumnya, Fakhruddin, SH selaku Kepala Diklat Pemko Medan dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan Diklat ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan Pejabat Pembuat Komitmen maupun pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah dalam tugas pelaksanaan manajemen kontrak.  Selain itu, memberikan wawasan teoritis dan filosofis tentang pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, khususnya dalam tugas pelaksanaan manajemen kontrak, serta memperdalam kemampuan teknis praktis pejabat pembuiat komitmen dan pelaksana pengadaan barang/jasa pemrintah dalam tugas manajemen kontrak.  

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment